Mengapa Pengendalian Nyamuk itu Penting

Saya pernah mendapat nyamuk yang merusak beberapa perjalanan berkemah di luar ruangan menjadi merepotkan. Tapi selain mengganggu, saya tahu mereka juga berbahaya karena bisa membawa penyakit.

Meskipun malaria dan demam kuning hampir berhasil dihilangkan di Indonesia, berkat upaya kesehatan masyarakat yang meluas, ensefalitis virus masih menjadi ancaman. Ensefalitis, yang berarti radang otak, disebabkan oleh sejumlah infeksi bakteri dan virus dan dapat ditularkan melalui nyamuk. Strain yang ditularkan nyamuk tersebut antara lain Eastern Equine, LaCrosse, St. Louis, dan West Nile. Yang terakhir ini paling banyak mendapat perhatian akhir-akhir ini. Selain mengancam manusia, nyamuk pembawa penyakit juga dapat menyebabkan cacing jantung anjing.

Menjaga Anda dan keluarga Anda aman dari bahaya yang ditimbulkan nyamuk sangatlah penting. Ada beberapa jenis pengontrol nyamuk yang bisa Anda gunakan untuk melindungi keluarga Anda dari bahaya nyamuk. Beberapa lebih efektif dari yang lain.

Penolak: Pengendalian Nyamuk Umum

Penolak, termasuk aerosol, krim, tongkat, semprotan dan cairan, dapat dioleskan pada kulit dan pakaian.

Penolak paling efektif yang dapat diterapkan pada kulit telanjang mengandung DEET. Meskipun pengusir nyamuk ini tidak membunuh nyamuk, mereka dapat mencegahnya menggigit. Bergantung pada jumlah DEET dalam produk, obat ini dapat menjadi bentuk pengendalian nyamuk yang efektif dari 90 menit hingga 10 jam.

Produk yang mengandung Permanone dapat digunakan pada pakaian, sepatu, kelambu, dan perlengkapan berkemah, tetapi tidak boleh digunakan pada kulit. Sementara produk DEET mencegah nyamuk menggigit, Permanone membunuh nyamuk dan kutu. Pengusir nyamuk ini umumnya bisa bertahan hingga 6 jam. Bahkan setelah bahan yang diolah dengan Permanone dicuci, bahan kimianya tetap ada.

Banyak yang memilih untuk tidak menggunakan DEET dan Permanone karena merupakan bahan kimia. Ada obat nyamuk yang tersedia yang tidak mengandung bahan kimia keras ini, dan biasanya mengandung minyak serai. Meskipun memberikan sedikit kelegaan, namun tidak seefektif DEET atau Permanone. Yang lain mengklaim lembaran pengering dapat digunakan sebagai bentuk pengendalian nyamuk saat diikat ke pakaian.

Petunjuk arah harus selalu diikuti saat menggunakan penolak. Mereka tidak boleh digunakan di tangan anak-anak Anda. Dan segera setelah Anda berada di dalam ruangan lagi, kulit yang dirawat harus selalu dicuci dengan sabun dan air.

Pengendalian Nyamuk dengan Membasmi Tempat Perkembangbiakan

Menghilangkan tempat berkembang biak adalah salah satu bentuk pengendalian nyamuk terbaik, tetapi bisa jadi mahal dan sulit dilakukan oleh pemilik rumah pada umumnya. Nyamuk melakukan perjalanan hingga beberapa mil, yang berarti daerah berkembang biak mungkin beberapa mil jauhnya dari tempat masalah tersebut dialami.

Mengambil langkah sebagai komunitas adalah cara paling efektif untuk mengendalikan nyamuk. Pastikan genangan air, dari tempat mandi burung dan kolam renang yang terabaikan hingga talang air yang tersumbat, dihilangkan.

Daerah genangan air yang lebih luas, seperti rawa, parit, dan sungai yang bergerak lambat, membutuhkan sumber daya masyarakat untuk dihilangkan.

Perangkap Pengendalian Nyamuk

Ada produk yang mengklaim dapat menarik, mengusir, atau membunuh nyamuk.

Perangkat sengatan listrik, yang biasa disebut sebagai “bug zappers”, menggunakan sinar ultraviolet sebagai atraktan. Ini terbukti sangat tidak efektif dalam pengendalian nyamuk. Hanya sebagian kecil dari serangga yang ditangkap oleh perangkap ini adalah nyamuk. Ngengat, kumbang, dan serangga lain yang tidak menggigit dan tidak berbahaya adalah sebagian besar serangga yang ditangkap oleh penyadap serangga ini.

Perangkat lain memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi ultrasonik. Mereka mengklaim bisa mengusir hama, termasuk nyamuk. Ini telah terbukti menjadi bentuk pengendalian serangga dan nyamuk yang tidak efektif. Agen perlindungan konsumen telah menindak perusahaan yang mengiklankan klaim tidak berdasar tentang perangkat mereka. Namun, perusahaan baru selalu bermunculan berharap untuk menjual alat pengontrol nyamuk yang tidak efektif ini.

Ada perangkap nyamuk yang tersedia yang telah terbukti sangat efektif dalam mengganggu siklus perkembangbiakan nyamuk, sehingga secara virtual menghilangkan bahaya dan gangguan nyamuk di halaman Anda selama satu musim penuh, tanpa membuat keluarga Anda terpapar bahan kimia keras.

Perangkap nyamuk yang paling efektif melepaskan aliran karbon dioksida yang terus menerus, dikombinasikan dengan atraktan, untuk memancing nyamuk. Setelah berada di dekat perangkap, nyamuk disedot ke dalam jaring di mana mereka mengalami dehidrasi dan mati. Perangkap ini berjalan terus menerus untuk hasil terbaik. Beberapa model yang lebih maju secara otomatis mematikan dan menyalakan kembali perangkap berdasarkan 50 derajat, suhu di mana perkembangbiakan nyamuk biasanya dimulai.

Jika Anda tidak dapat melakukan pengendalian nyamuk sendirian, Anda dapat menghubungi pembasmi nyamuk profesional jasa fogging bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *